Mau update informasi seputar KPPN langsung ke email Anda ?

Tutorial,link update,solusi Aplikasi dan masih banyak lagi ...

Silahkan isi form dibawah ini

Nama Depan

:

Alamat Email

:

Cara transfer adk revisi POK/DIPA ke Aplikasi SPM

Cara transfer ADK revisi POK/DIPA ke Aplikasi SPM. - Ada banyak pertanyaan dari satker tentang cara melakukan restore ADK hasil revisi POK di aplikasi RKAKL 2014 ke Aplikasi SPM. Sebenarnya, untuk melakukan restore ADK revisi POK ke Aplikasi SPM caranya sama dengan restore ADK revisi DIPA yang di download dari aplikasi RKAKL online. Yang menjadi masalah adalah bagaimana cara membuat ADK revisi POK dari aplikasi RKAKL 2014 bisa direstore ke aplikasi SPM karena sering terjadi bahwa kode barcode tidak sama dengan ADK atau muncul pesan ADK adalah revisi 0 sedangkan di database sudah revisi 1 atau 2 dst sehingga ADK tidak bisa direstore. 

Yang perlu dipahami dalam revisi POK adalah bahwa revisi POK tidak menambah nomor revisi. Jadi jika data awal yang diubah adalah revisi 0, maka ADK revisi POK juga harus revisi ke 0 atau merupakan data pagu awal. Jika data awal yang akan direvisi POK adalah revisi ke 1, maka ADK hasil revisi POK tersebut juga harus revisi 1 ketika ditransfer ke Aplikasi SPM. Selain itu tanggal revisi harus sama dengan tanggal revisi dari kanwil/DJA yang dijadikan sebagai data awal. Untuk tanggalnya silahkan lihat di pojok kanan atas dipa revisi petikan (format PDF). Lihat gambar berikut :

dari contoh diatas berarti data awalnya adalah revisi ke 2 dan tanggal revisinya adalah 17 Juli 2014. Selanjutnya bagaimana membentuk ADK revisi POK yang sebelumnya sudah kita buat? silahkan ikuti tutorial berikut ini :

Cara membuat ADK revisi POK

Silahkan buka Aplikasi RKAKL 2014 dengan user dan pass : DIPA. lihat gambar berikut :
Pada menu Utility >> Kirim data hasil validasi


Selanjutnya akan muncul form, silahkan pilih referensi dan pilih satker yang akan ditransfer dengan klik centang pada kotak. Lihat gambar berikut :


Setelah itu klik proses dan akan terbentuk file ADK revisi POK di direktory default di drive C:\BC_RKAKL_2014 atau bisa pilih folder yang diinginkan.

file ADK yang terbentuk seperti berikut d01_01508_00_527272_2.14 (nama file akan tergantung kode satker, kementerian dan unit eselon). ADK yang terbentuk tersebut belum bisa langsung ditrasnfer ke Aplikasi SPM dan harus di rename terlebih dulu seperti berikut ini :

Nama ADK sebelumnya : d01_01508_00_527272_2.14
Di rename menjadi : d01_01508_00_527272_2.14XX

XX adalah nomor revisi DIPA pada database aplikasi SPM. Jika belum pernah melakukan restore ADK revisi baik dari kanwil DJPBN/DJA berarti merupakan pagu awal dan ganti XX dengan 00, namun jika pada Aplikasi SPM sudah revisi ke 1 maka ganti XX dengan 01.

Selanjutnya pastikan barcode sama dengan ADK nya, caranya dengan melihat di aplikasi RKAKL 2014 >> Monitoring Digital Stamp. Sampai dengan tahap ini, ADK hasil revisi POK sudah siap ditransfer ke Aplikasi SPM. Tahap selanjutnya adalah mentransfer ADK revisi POK ke Aplikasi SPM, silahkan lihat tutorialnya berikut ini :

Cara mentransfer ADK revisi POK ke Aplikasi SPM 2014

Silahkan masuk ke Aplikasi SPM dengan level ADMIN
Pilih menu Pagu >> Transfer pagu dan revisi pagu 
Selanjutnya akan muncul form transfer pagu sebagai berikut :


Cari folder ADK Revisi POK yang telah dibuat tadi lalu klik select, selanjutnya centang ADK revisi yang muncul dan isikan kode barcode yang didapat dari menu monitoring digital stamp di aplikasi RKAKL 2014. Klik tanda panah warna hijau ke kanan untuk melanjutkan. Klik tombol next (panah warna hijau lagi untuk melanjutkan proses sampai selesai). Lihat gambar.


Yang perlu diperhatikan adalah pilihan pada pilihan Data Realisasi adalah Pertahankan , jangan pilih dihapus karena data realisasi akan hilang. Isikan tanggal revisi sesuai dengan tanggal revisi DIPA yang dijadikan data awal seperti yang telah disebutkan diatas. Nah proses restore ADK revisi POK ke Aplikasi SPM sudah selesai. Silahkan Anda cek dengan tayang pagu, klik pada pilhan POK apakah data sudah benar sesuai dengan revisi yang ditransfer. Ok selamat mencoba.



Mohon bantuannya share artikel cara restore ADK revisi POK ini ya , FOLLOW TWITTER KAMI di @kppninfo .  AYO gabung ke forumsatker.besaba.com , Forum bendahara dan operator satker se Indonesia.

sumber gambar :
andikaprasetia.com

1 komentar:

  1. selamat siang pak, kami dari kankemenag pasaman barat
    terkendala dalam transver revisi pok ke aplikasi spm dgn update aplikasi spm 14.20 muncul pesan sql:uraian colum not found jika kami enter muncul yg lain...bagaimana solusinya?

    BalasHapus

Silahkan berkomentar jika ada pertanyaan, kritik atau saran. Mohon untuk tidak melakukan Spam ya ... terima kasih.