Mau update informasi seputar KPPN langsung ke email Anda ?

Tutorial,link update,solusi Aplikasi dan masih banyak lagi ...

Silahkan isi form dibawah ini

Nama Depan

:

Alamat Email

:

Pendaftaran PIN PPSPM

Cara Inject PIN PPSPM - Pada saat awal tahun atau ada penggantian PPSPM baru maka satker harus melakukan pendaftaran PIN-PPSPM ke KPPN bayar nya. PIN PPSPM digunakan sebagai tanda tangan elektronik pada ADK SPM yang disampaikan ke FO KPPN. Tanpa adanya PIN PP-SPM ini maka ADK SPM dari satker akan tertolak di FO KPPN. Lalu bagaimana cara pendaftaran, persyaratan apa saja yang harus dilampirkan dan bagaimana cara menyisipkan PINPPSPM pada ADK SPM? berikut akan kita bahas satu persatu.

Persyaratan Pendaftaran PIN PPSPM
  1. Mengisi formulir pendaftaran PIN PPSPM (formulir download disini).
  2. Melampirkan fotokopi identitas, SK dan Surat Pernyataan bermaterai. (contoh surat pernyataan download disini)
  3. Melakukan pendaftaran PIN PPSPM dan mekaktifkan PIN PPSPM di Costumer Service KPPN bayar.
  4. Untuk pergantian pejabat PPSPM juga melampirkan formulir penonaktifan PP-SPM yang lama (formulir download disini).
Pendaftaran PIN PP-SPM bisa dilakukan oleh operator satker atau bendahara dengan membawa persyaratan tersebut diatas ke Costumer services KPPN bayar.Sedangkan untuk pengaktifan PIN harus PP-SPM bersangkutan yang melakukan sendiri tanpa diwakilkan. Setelah data-data PPSPM diinput oleh petugas Costumer services KPPN, PPSPM akan menerima 2 (dua) SMS yang berisi PIN awal dan 24 digit nomor register. Pengaktifan PIN PPSPM bisa dilakukan via HP yang nomornya didaftarkan atau datang langsung ke KPPN tempat pendaftaran PIN.

Setelah PIN PPSPM aktif, langkah selanjutnya adalah merekam spesimen PPSPM di aplikasi SP2D. Langkah ini dilakukan oleh supervisor KPPN, tapi satker harus mengirimkan terlebih dulu Spesimen tanda tangan PPSPM nya. Untuk formulir spesimen PPSPM silahkan download disini.

Inject PIN PPSPM

Diatas sudah disebutkan bahwa PPSPM akan menerima 2 (dua) SMS yang berisi PIN awal dan 24 digit nomor register. Ke 24 digit nomor register ini digunakan untuk registrasi di aplikasi PIN PPSPM. Aplikasi PIN PPSPM adalah aplikasi yang digunakan untuk melakuakn inject  (menyisipkan) pin ke dalam ADK SPM agar bisa deterima FO KPPN. Berikut cara melakukan registrasi aplikasi PIN PPSPM dan inject PIN PPSPM.

Jika Anda belum punya aplikasi Inject PIN PPSPM, silahkan download disini , lalu install di PC/Laptop PPSPM. Untuk pertama kali dijalankan maka akan muncul pesan seperti gambar dibawah ini :

klik untuk memperbesar gambar

Isikan data-data register untuk membuka aplikasi. Isian harus sama dengan data waktu mendaftar di KPPN. Silahkan lihat contoh berikut ini :
klik gambar untuk memperbesar
Masukkan Nama PPSPM,NIP/NRP, No HP yang didaftarkan dan kode lisensi (24 digit karakter yang diterima PPSPM via sms) >> lalu klik enter license.  Untuk mulai memasukkan PIN pada ADK SPM klik Enter PIN (ikon gambar pena pada pojok kiri atas). Silahkan lihat contoh berikut :

cara inject pin pada ADK SPM

Cara inject PIN pada ADK SPM : Tentukan lokasi ADK SPM yang akan di inject PIN (1) , Masukkan barcode SPM (2), Klik Inject Pin (3) dan masukkan PIN >> lihat gambar dibawah :




Jika ADK SPM sudah berhasil di inject maka pada kolom valid akan muncul tanda centang hijau. Lokasi hasil ADK SPM yang sudah di inject  akan sama dengan lokasi ADK SPM sebelumnya (tidak akan membentuk file ADK baru). Oke semoga artikel cara inject PIN PPSPM ini bermanfaat .. mohon bantuan SHARE ya dan ikuti kami di Facebook. klik tombol like facebook dibawah. Terima kasih.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan berkomentar jika ada pertanyaan, kritik atau saran. Mohon untuk tidak melakukan Spam ya ... terima kasih.