Mau update informasi seputar KPPN langsung ke email Anda ?

Tutorial,link update,solusi Aplikasi dan masih banyak lagi ...

Silahkan isi form dibawah ini

Nama Depan

:

Alamat Email

:

Kode Akun Belum ada di Referensi

Cara menambah referensi Akun Aplikasi SPM

Dengan adanya surat Direktur Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Nomor : S-4166/PB.6/2014 tanggal 2 Juli 2014 tentang Perubahan Akun terkait Transaksi TUP dan Belanja Vakasi, ada pertanyaan dari beberapa satuan kerja yang mengalami kesulitan ketika merekam SPP untuk pertanggungjawaban TUP yaitu akun  815511 (Penerimaan Tambahan Uang Persediaan  (TUP) Dana Rupiah ) muncul pesan kode akun belum ada di referensi.  Hal ini terjadi karena memang kode akun baru tersebut belum ada di referensi akun pada Aplikasi SPM 2014. Hal yang harus dilakukan sebenarnya sederhana saja yaitu melakukan perekaman kode akun baru tersebut. Caran menambah referensi Akun di Aplikasi SPM, silahkan lihat ilustrasi berikut ini :


Pada Aplikasi SPM di level Admin, pilih menu referensi II >> Akun


Pilih pada menu Non Anggaran dan pada kolom pencarian ketik kode kelompok BKPK yang akan ditambahkan, misal untuk pertanggungjawaban TUP adalah 815 >> lalu pilih BKPK 8151 seperti pada gambar lalu klik rekam.


Pada isian rekam ketik 8155 dan pada uraian ketik Penerimaan Transito Tambahan Uang Persediaan >> lalu klik rekam lagi >> klik Selesai.


LAngkah selanjutnya adalah merekam kelompok akun 81551 dengan langkah sama seperti diatas dengan melakukan double klik pada BKPK 8155 yang telah direkam sebelumnya. Langkah ini memang agak susah , lakukan double klik berulang-ulang  pada kelompok akun atau BKPK diatasnya untuk memancing kolom rekam kelompok akun pada BKPK 8155 keluar. Lihat hasilnya pada gambar diatas. Klik gambar untuk memperbesar. 


Gambar diatas adalah hasil rekam kelompok akun 81551.


Setelah kelompok akun 81551 direkam, selanjutnya langkah terakhir adalah dengan merekam akun 815511 (Penerimaan Tambahan Uang Persediaan/TUP Dana Rupiah). Caranya sama yaitu dengan double klik pada kelompok akun 81551 dan setelah keluar baris kosong dibawahnya >> klik rekam maka akan muncul di bagian bawah kolom perekaman akun >> rekam akun lalu klik rekam lagi >> klik selesai


Oke semoga artikel cara menambah referensi akum pada aplikasi SPM 2014 ini bermanfaat. Mohon bantuannya share artikel ini agar bermanfaat juga untuk satker lainnya. Terima kasih.


4 komentar:

  1. Silahkan meninggalkan komentar jika belum jelas

    BalasHapus
  2. Mas..msh belum muncul kode akunnya di aplikasi spm.ada pencerahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sdr. Anonim sudah dicoba cara diatas? memang agak susah mas, musti diulang-ulang. Untuk awal rekam dulu kelompok BKPK misal 815, trus double klik di 815 maka akan muncul baris kosong dibawah >> klik rekam untuk merekam BKPK 8155 >> trus lakukan cara yang sama sampai ke level akun. Untuk level akun memang agak sulit keluar barisnya, harus dipancing dengan klik berulang-ulang di kode akun atasnya. Silahkan dicoba terus mas, Insya Allah berhasil. Di artikel itu buktinya bisa kok, itu hasil capture di PC. Semoga berhasil.

      Hapus
  3. saya sudah bikin 8155, tapi pas mau bikin 81551 ga bisa Bang, kolom isian BKPK nya cuman bisa 4 digit

    BalasHapus

Silahkan berkomentar jika ada pertanyaan, kritik atau saran. Mohon untuk tidak melakukan Spam ya ... terima kasih.